Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe Hadiri HUT TNI ke 76 – Bratapos.com


Lubuklinggau – Bratapos.com

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Dandim 0406 Lubuklinggau Letkol Inf Erwinsyah Taufan dan Kapolres Lubuklinggau AKBP Nuryono mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 TNI Tahun 2021 dengan tema ‘Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang’ secara virtual di Makodim 0406 Lubuklinggau, Selasa (5/10).

Dalam amanatnya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan atas nama rakyat, bangsa dan Negara, dirinya mengucapkan selamat HUT TNI.

Presiden juga mengatakan TNI lah yang menjaga keutuhan wilayah Indonesia dan melindungi dari segala macam ancaman.“Saat ini bangsa Indonesia masih dalam bayang-bayang Covid-19 dimana hal ini sama dengan perang yang menguras banyak tenaga, kewaspadaan dan pemanfaatan teknologi,” ujarnya.

Presiden berpesan kesiapsiagaan TNI harus selalu diaktifkan dalam mengatasi ancaman kedaulatan, transformasi pertahanan terus dilakukan mengikuti perkembangan teknologi yang terkini agar pertahanan TNI lebih kuat sedangkan penguatan prajurit harus diutamakan terutama lompatan teknologi.

Peringatan tahun ini juga diisi dengan penghormatan kepada lambang-lambang kesatuan, pengucapan sapta marga, penyematan tanda penghargaan dan lain sebagainya.

Upacara HUT TNI dipusatkan di Istana Merdeka Jakarta. Dalam kesempatan itu ditampilkan 112 alat utama sistem persenjataan (alutsista).

‘”Gelar alutsista tersebut merupakan bentuk perwujudan kekuatan TNI saat ini dan juga sebagai laporan kepada Presiden RI serta masyarakat bahwa anggaran yang diberikan pemerintah kepada TNI salah satunya digunakan sebagai pengadaan kebutuhan Alutsista untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari gangguan, hambatan, ancaman dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia”.

Beberapa jenis Alutsista yang ditampilkan, yaitu dua unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, delapan unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dua unit Rantis Bushmaster, 19 unit P6 Atav, 24 unit kendaraan Rudal Mistral, dua unit BTR 4, satu unit Aligator, dua unit APC Turangga, lima unit MLRS (RM 70 Vampire dan Tatrapan), dua unit Orlikon Skyshield, empat unit MLRS Astros dan enam unit Armed Caesar 155 MM.

TNI selain menggelar Alutsista juga melaksanakan demonstrasi udara yang melibatkan 18 pesawat tempur dan 8 pesawat helikopter TNI dilibatkan dalam demo udara di atas langit Jakarta.

Delapan pesawat helikopter TNI (AD, AL, AU) dengan call sign Trimatra flight terbang melintasi langit Jakarta dengan membawa bendera Merah-Putih dan bendera Lambang TNI yang berukuran 20×30 Meter. Disela-sela waktu ada pemberian penghargaan terhadap tenaga didik sukarelawan dan pemotongan tumpeng.

Reporter : Andre haris. s

Editor : KRM



Source link