Penambahan Covid 19 di Sumsel Dibawah 50 Kasus per Hari, Ini Tanggapan Herman Deru


Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Pemerintah telah resmi memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari tanggal 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021.

Untuk di Sumatera Selatan (Sumsel) 17 Kabupaten/Kota yang ada masuk level 3 hingga 1.

Untuk level 3 hanya Musi Rawas Utara dan level 1 ada dua kabupaten yaitu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan Kabupaten Empat Lawan, sisanya level 2.

Menanggapi masih diperpanjangnya PPKM, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, bahwa dia telah memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel untuk menindaklanjuti sesuai dengan level masing-masing 

“Mudah-mudahan kita terus membaik dan geliat ekonomi bisa terus berjalan sesuai dengan targetnya,” kata Deru saat diwawancarai di Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (6/10/2021).

Menurut Deru, kondisi pandemi Covid-19 di Sumsel secara umum sudah jauh sangat menurun dari sebelumnya.

Bahkan angka penambahan kasus baru sudah dibawa 50 per hari.

“Tapi ini bukan jadi alasan kita untuk tidak waspada. Kita harus tetap dalam kondisi waspada dan tetap terapkan protokol kesehatan (Prokes) secara disiplin,” pesannya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nurainy menambahkan, meskipun penambahan kasus sudah menurun masyarakat diimbau tetap menjaga Prokes seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

“Lalu penyelenggara atau penanggung jawab kegiatan, menjamin agar Prokes dapat terlaksana dengan baik dan pastikan yang ikut kegiatan dalam kondisi sehat,” pesan Lesty.

Menurut Lesty, pandemi ini belum berakhir, ini tanggung jawab bersama umtuk memikirkan satu sama lain dengan tetap disiplin dan patuh menerapkan Prokes.

“Kasus Covid-19 menurun, kasus aktif juga turun. Bahkan Bed occupancy ratio (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit di Sumsel sudah 5 persen dan kesembuhan lebih dari 94 persen. Namun meskipun begitu, tetap jangan lengah, Prokes harus tetap dijalankan dengan baik,” katanya.

Baca juga: Dua Pemuda Saudara Kembar di Palembang Curi Motor Vespa Anak Punk, Kami Dendam Pernah Dikeroyok

Sebagai informasi untuk penambahan kasus Covid-19 di Sumsel pada 5 Oktober 2021 sebanyak 22 kasus. 





Source link