Anggota Dewan Banyak Tak Hadir, Rapat Paripurna DPRD Musi Rawas Akhirnya Ditunda


SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS – Rapat paripurna DPRD MUsi Rawas dalam rangka mendengarkan penyampaian dan penjelasan Bupati Musi Rawas terhadap dua Raperda Kabupaten Musi Rawas tahun 2021 ditunda, Senin (4/10/2021).

Penundaan sidang di Gedung DPRD itu  karena jumlah anggota dewan peserta sidang tidak kuorum. Dari 40 orang anggota DPRD Musi Rawas, hanya 19 orang anggota yang hadir. 

Pantauan Sripoku.com, sebelum penundaan, rapat sempat molor sekitar satu jam. Rapat yang sedianya dijadwalkan pukul 14.00, dimulai pukul 15.00.

Rapat diawali dengan pembacaan daftar hadir anggota DPRD olrh Sekretaris Dewan Amir Hamzah. Dimana dari 40 orang anggota DPRD Kabupaten Musi Rawas, yang hadir hanya 19 orang.

Setelah itu Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Musi Rawas Firdaus Cek Olah membuka rapat paripurna. Setelah membuka rapat, dia mengatakan, karena jumlah anggota DPRD tidak kuorum, dimana hanya 19 orang yang hadir dari 40 orang anggota, maka sesuai dengan tata tertib DPRD Musi Rawas rapat paripurna tersebut ditunda.

“Rapat paripurna dengan agenda  mendengarkan penyampaian dan penjelasan Bupati Musi Rawas terhadap dua Raperda Kabupaten Musi Rawas tahun 2021 hari ini ditunda. Dan akan dilaksanakan kembali besok. Penundaan karena jumlah anggota DPRD yang hadir tidak kuorum,” kata Firdaus Cek Olah kepada Sripoku.com, Senin (4/10/2021).

Terkait tidak kuorumnya anggota DPRD pada rapat paripurna mendapat tanggapan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Musi Rawas, Nasrun. Dia sangat menyayangkan banyaknya anggota DPRD yang tidak hadir saat rapat paripurna, sehingga membuat rapat paripurna tersebut ditunda.

“Kita tentunya sangat menyayangkan atas ketidak hadiran anggota DPRD Musi Rawas yang mengakibatkan rapat paripurna ditunda. Padahal, rapat paripurna ini cukup penting, dan materinya menyangkut visi dan misi bupati,” kata Nasrun.

Ditambahkan, selaku Badan Kehormatan dewan, pihaknya akan mempertanyakan alasan ketidak hadiran anggota DPRD tersebut, melalui fraksinya masing-masing.

“Hampir seluruh fraksi yang hadir tidak lengkap. Nanti kami akan tanyakan apa alasan ketidak hadiran mereka. Memang ada beberapa yang tidak hadir karena alasan kegiatan partai diluar daerah,” ujarnya. (ahmad farozi)





Source link