Peringatan Dini BMKG! Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sumsel 29-30 September 2021


SRIPOKU.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca di Indonesia untuk, Rabu (29/9/2021)

Disebutkan bahwa sejumlah kabupaten/kota berpotensi mengalami cuaca ekstrem, yakni hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Untuk di Sumatera Selatan beberapa daerah yang akan terdampak diantaranya, OKI, OKU Selatan, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Lubuklinggau, Palembang.

Sebelumnya, BMKG juga telah merilis daftar wilayah di Indonesia yang berpotensi tinggi dan menengah mengalami banjir hingga 30 September 2021. Termasuk beberapa wilayah yang tercantum di atas.

Berdasarkan analisis curah hujan pada dasarian II atau 10 hari kedua bulan September 2021, sebanyak 6,14 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan dan sebagian besar wilayah masih mengalami musim kemarau.

Pelaksana tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG Urip Haryoko, dalam keterangannya, banyak wilayah Indonesia yang telah memasuki musim hujan dan dilanda hujan lebat. Bahkan, hujan yang turun kadang disertai angin kencang, kilat atau petir.

Oleh karena itu, BMKG merilis peringatan dini potensi banjir di dasarian II atau 10 hari terakhir bulan September 2021 ini dengan kategori tinggi dan menengah.

Tak hanya merilis prakiraan cuaca, Rabu (29/9/2021) BMKG juga menyampaikan prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di wilayah Sumatera Selatan (Level Waspada)

Berlaku di , Kamis (30/9/2021) mulai pukul 07.00 s/d 01 Oktober pukul 07.00 WIB

Wilayah yang diperkirakan terdampak,

– Kota Pagaralam : Dempo Utara, Dempo Tengah, Dempo Selatan, Pagaralam Utara, Pagaralam Selatan

– Kabupaten Lahat : Tanjung Sakti Pumi, Jarai, Pajar Bulan, Sukamerindu

– Kabupaten Empat Lawang : Lintang Kanan, Pendopo, Pendopo Barat, Talang Padang, Muara Pinang, Tebing Tinggi.





Source link