Wali Kota Lubuk Linggau Tinjau Rumah Warga Terdampak Banjir Bandang


Lubuklinggau, 86News.co – Wali Kota Lubuk Linggau, H.SN Prana Putra Sohe didampingi Asisten I, Kahlan Bahar, Kadis PU-PR, Achmad Asril Asri dan Kadis Perkim, H. Trisko Defriyansya meninjau sejumlah titik banjir bandang bantalan Sungai Mesat yang meluap dan merendam puluhan rumah warga dalam wilayah Kecamatan Lubuk Linggau Timur II dan Kecamatan Barat I Kota Lubuk Linggau.

Disela-sela kunjungan Nanan, sapaan Orang Nomor Satu di Bumi Sebiduk Semare, julukan Kota Lubuk Linggau ini mengatakan, ada beberapa factor penyebab terjadinya banjir tersebut.

“Banjir bandang ini penyebab pertama, tingginya itentitas curah hujan, kedua kerena aliran sungai sudah dipenuhi sampah maupun pohon-pohon mengakibatkan terjadi penyumbatan, ketiga karena masyarakat juga membangun di daerah alisan sungai ( DAS ), kadang-kadang cuma satu meter bahkan mepet dengan aliran sungai “, ujarnya.

Seperti di RT 07 Kelurahan Karya Bakti, sudah disikapi semua dengan memasang talud dibeberapa titik. Lainnnya jembatan menghubungan RT 07 Kelurahan Karya Bakti dengan RT 08 Kelurahan Wira Karya mengalami patah,  juga hasil pembangunan terbaru, namun mungkin karena dihantam kayu, jadi patah.  Namun apapun itu, nanti Pemkot Lubuk Linggau akan mencari solusi, akan dibenahi lagi dan ditinggikan lagi.

“Jadi nantinya jembatan ini akan dibangun lagi, kita akan tinggikan lagi,”ujarnya.

Pantauan dilapangan, Wali Kota dan rombongan dengan diantar Camat Lubuk Linggau Timur II, Aris Garnida Husein dan beberapa Lurah yang warganya terdampak banjir melihat langsung beberapa titik banjir tersebut. Di Kecamatan Lubuk Linggau Timur II, melihat langsung di RT 07 dan 08 Kelurahan Karba Bakti, RT 08 dan RT 03 Kelurahan Wira Karya.

Data sementara dihimpun Posko tanggap darudat didirikan di RT 08 Kelurahan Wira Karya khusus Kecamatan Lubuk Linggau Timur II berjumlah 64 rumah warga terdampak banjir bandang meliputi RT 08 dan RT 03 Kelurahan Wira Karya masing-masing 21 dan 19 rumah , RT 03 Kelurahan Cereme Taba 2 rumah, RT 05 dan RT 06 Kelurahan Dempo masing-masing 2 rumah dan RT 07 dan RT 03 Kelurahan Karya Bakti masing-masing 8 dan 10 rumah warga. Ternyata banjir bandang merendam rumah warga juga terjadi dalam wilayah Kecamatan Lubuk Linggau Barat I Kota Lubuk Linggau.

Menurut Camat Lubuk Linggau Barat I, Serly Novra Agrelya dikonfirmasi via ponselnya mengatakan, 67 rumah warga terdampak banjir meliputi RT 02, RT 06 dan RT 03 Kelurahan Muara Enim masing-masing 14, 8 dan 3 rumah.

Kemudian RT 02, RT 01 dan RT 09 Kelurahan Bandung Ujung masing-masing 20, 2 dan 1 rumah warga dan juga 19 rumah warga dalam wilayah RT 01 ( 18 ) dan RT 02, 1 rumah warga. Akibat banjir bandang ini, ada kemungkinan jumlah rumah warga yang terdampak akan bertambah, pasalnya menurut petugas Tim Tagana, selain di dua kecamatan ini, juga dialami warga di Kecamatan Lubuk Linggau Utara I dan II, namun data valid masih ditelusuri oleh petugas dan masing-masing pihak keluhan dan Ketua RT.

Seperti diberitakan 86News.co, bajir bandang yang melanda beberapa kawasan tersebut akibat tingginya itentitas hujan mengguyur Kota Lubuk Linggau, Minggu (26/09/2021) sekira pukul 02.00 Wib.

Namun hingga berita ini dikirim ke redaksi , tidak ada korban jiwa dalam musibah bencana alam ini,  hanya beberapa rumah mengalami rusak ( jebol/red ) akibat hantaman air bah tersebut.

Sementara itu di Posko tanggap darurat untuk wilayah Kecamatan Lubuk Linggau Timur II, telah dibangun di RT 08 Kelurahan Wira Karya. Tampak Kapolsek Lubuk Linggau Timur, AKP Diaz Oktora dan jajaran stand by bersama Babinza dan petugas lainnya. ( M.Novri/Rif).



Source link