Tinjau Lokasi Banjir, Wali Kota Lubuklinggau akan Segera Lakukan Normalisasi Sungai


TIMESINDONESIA, LUBUKLINGGAU – Pada Minggu, (26/09/2021) Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Ketua DPRD Lubuklinggau, H Rodi Wijaya, anggota Polres dan TNI daerah setempat menyambangi sejumlah titik lokasi wilayah rumah terendam banjir akibat sungai di sekitar lokasi meluap akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir. 

Wali Kota Lubuklinggau menuturkan penyebab hal tersebut terjadi bukan hanya derasnya hujan yang turun di Kota berslogankan Sebiduk Semare, tetapi terdapat sejumlah sampah ditemui pada lokasi juga pepohonan yang tumbuh menghalangi laju aliran sungai. 

“Baru beberapa titik dipantau dari beberapa titik yang terjadi, ada di daerah Karya Bakti, Wirakarya, Bandung Kiri kemudian juga katanya di Permai. Kenapa ini bisa terjadi, karena debit hujan kita cukup tinggi, itu yang pertama,” ucap Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe kepada TIMES Indonesia. 

Selain itu pula dirinya menerangkan sejumlah faktor-faktor lainnya juga cukup mempengaruhi sungai hingga tak bisa menampung volume air yang mengalir. 

“Yang kedua aliran sungai itu tersumbat seperti ada sampah-sampah, pepohonan yang tumbuh menghalangi aliran sungai itu sendiri. Yang ketiga masyarakat kita membangun di daerah aliran sungai yang menurut ketentuan kan 15 sampai 30 meter tidak boleh dibangun. Tapi apapun itu solusi yang akan kita lakukan adalah kita akan meningkatkan dinding sungai ini untuk lebih ditinggikan. Insya’allah ya doakan saja,” kata Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe. 

Ketika ditanya solusi jangka pendek, Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe. menyampaikan bahwa pihaknya akan segera melakukan pembersihan atau normalisasi pada sungai tersebut. (*)

 





Source link