Tim Keamanan PT. PHML Berhasil Amankan Satu Orang Terduga Pelaku Karhutla


Musi Rawas, Kongkrit.com — Pihak keamanan PT. Perkebunan Hasil Musi Lestari (PT. PHML) mengamankan seorang terduga pelaku pembukaan lahan dengan cara dibakar, Kamis (23/9).

Awalnya pihak keamanan dan karyawan PT. Perkebunan Hasil Musi Lestari melihat kepulan asap disekitar lokasi kebun PT. PHML sekitar pukul 16.00 wib, tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginankan, tim keamanan, BKO Polri, dan tim Dalkarhutbunla PT. PHML segera menyusuri asal asap.

Benar saja, setelah dilakukan pengecekan ternyata terdapat lahan milik masyarakat yg berada didekat areal PT. PHML tepatnya di Blok G. 22 Divisi 6 Desa Pelawe Kecamatan BTS Ulu sudah dalam keadaan terbakar, bahkan masih terdapat 4 orang masyarakat yang berada disekitar lokasi kebakaran.

Saat anggota BKO Polsek BTS Ulu dan tim keamanan sampai keempat orang tersebut langsung melarikan diri, tim kemudian melakukan pengejaran dan berhasil menangkap salah satu orang sementara tiga orang lainnya berhasil kabur. Saat dilakukan pemeriksaan disekitar lokasi ditemukan obor yang sudah tersulut, jerigen air, dan tempat air minum.

Satu orang yang berhasil diamankan tersebut beserta barang bukti berupa obor kemudian dibawa menuju Polsek BTS Ulu untuk diproses menurut hukum yang berlaku guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sementara itu tim keamanan dan Dalkarhutbula melakukan usaha pemadaman api menggunakan mobil damkar, api dapat dipadakam sekitar pukul 19.30 wib.

“Kami berharap masyarakat jangan membuka lahan dengan cara dibakar, karena hal tersebut membahayakan semua orang, apalagi saat ini kondisi kemarau dan angin kencang” ungkap Yudha Andriko, Manager HRD & Legal PT. PHML.

“Saat ini terduga pelaku pembakaran lahan sudah kami antar ke Polsek BTS Ulu untuk diamankan dan diproses sekitar pukul 18.00 wib, kami berharap ini menjadi efek jera kepada oknum tidak bertanggung jawab, agar tidak lagi melaukan pembukaan lahan dengan cara dibakar yang merupakan tindakan melanggar hukum, demi kepentingan dan kebaikan bersama” tambahnya.

Reporter/Editor : Ady Lubis



Post Views:
19



Source link