Minta Sumbangan di Jalan untuk Bangun Tempat Ibadah Tak Boleh Lagi, Warga: Pemerintah Tolong Bantu


TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) memberikan imbauan kepada warga yang masih meminta sumbangan di jalan untuk membangun tempat ibadah.

“Kami beberapa hari ini sudah memberikan imbauan supaya mereka menghentikan aktivitas itu, karena ini sudah dilarang oleh pemerintah provinsi,” kata Kabid Tibum dan Linmas Satpol PP Muratara, Beri Septra Karno, Rabu (22/9/2021). 

Beri mengatakan sudah ada instruksi dari Bupati Musi Rawas Utara untuk memberitahu warga yang masih meminta sumbangan di jalan umum agar segera berhenti. 

Larangan tersebut, kata dia, mengacu pada Surat Edaran (SE) Gubernur Sumsel Herman Deru Nomor: 338/0075/B.Kesra.2021 tentang pelarangan permintaan sumbangan atau pungutan di jalan umum. 

“Surat edaran pak gubernur itu ditandatangani tanggal 15 Januari 2021 lalu. Tapi kita mulai ada instruksi dari pak bupati buat melarang itu mulai pertengahan September (2021) ini,” ujar Beri. 

Dia mengungkapkan di kabupaten ini ada beberapa titik tempat warga meminta sumbangan di jalan umum untuk membangun masjid atau mushola. 

Mayoritas dilakukan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), di antaranya di Desa Tanjung Beringin, Desa Batu Gajah Baru, dan Desa Bingin Rupit.

“Semuanya sudah kami beri pencerahan ke pengurus masjidnya. Kalau nanti mereka masih melakukan itu kita kasih pengertian lagi, karena ini memang sudah ada surat edaran dari pak gubernur,” kata Beri.

Sementara itu, Ahmad, warga yang biasa meminta sumbangan di jalan umum untuk membangun masjid mengatakan akan menuruti surat edaran Gubernur Sumsel tentang larangan meminta sumbangan tersebut.

Namun dia berharap dengan pemerintah daerah agar dapat membantu pembangunan masjid di desa mereka bila tidak boleh lagi meminta sumbangan di jalan umum.

“Ya pada dasarnya kami nurut saja pak apa kata pemerintah, cuma kami mohon tolong dibantu pembangunan masjid kami, karena selama ini kami bangun dari sumbangan di jalan,” katanya.

 
 





Source link