Palembang PPKM Level 2, Kafe Boleh Buka Sampai Jam 9 Malam, Berikut Sejumlah Kelonggaran Aturan


TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) 21 September hingga 4 Oktober 2021. Hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 44 tahun 2021.

Hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Fauziah, Selasa (21/9/2021).

“Ya berdasarkan Inmendagri tersebut untuk wilayah Sumatera Selatan, Kabupaten Musi Rawas PPKM level 1, Kota Prabumulih level 3, Kota Palembang dan kabupaten lainnya PPKM level 2,” ujarnya.

Kata dia, Alhamdulilah patut bersyukur karena kota Palembang telah dinyatakan turun dari level 3 menjadi level 2.

Penurunan level PPKM dari level 3 ke level 2, dengan capaian total vaksinasi dosis 1 sebesar 50 persen, dan capaian vaksinasi dosis 1 lansia di atas 60 tahun sebesar 40 persen.

“Alhamdulilah berdasarkan capaian vaksinasi ini kita mendapatkan turun level dan zona kita pun juga berada di zona kuning,” ungkap dia.

Lanjut dia, kabupaten kota level 2 sesuai Inmendagri diharuskan memenuhi capaian vaksinasi tersebut dalam dua minggu. Jika tidak tercapai maka akan kembali ke level 3.

“Insya Allah Palembang bisa. Capaian vaksinasi dosis 1 per 20 September 41,49 persen,” katanya.

Selain itu, di level 2 PPKM ini pemerintah pusat memberikan kelonggaran-kelonggaran pada kegiatan masyarakat.

Baca juga: Level PPKM di Sumsel Rendah, Gubernur Sumsel Ingatkan Jangan Lengah

Karena Palembang zona kuning Covid-19, maka kegiatan belajar mengajar baik di sekolah, perguruan tinggi, tempat pelatihan, sesuai dengan aturan teknis Kemendikbud dan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu WFH 50 persen dan WFO 50 persen, pasar tradisional, warung makan, PKL buka dengan protokol kesehatan. Restoran atau rumah makan, kafe yang berdiri sendiri atau berada di mall 50 persen dari kapasitas dan jam operasional sampai pukul 21.00 atau jam 9 malam. 

“Jam operasional mall untuk wilayah zona kuning sampai pukul 20.00 dengan kapasitas kunjungan 50 persen dan kegiatan di tempat ibadah 50 persen,” ungkap dia.

Diharapkan dengan dilanjutkan sampai 4 Oktober nanti masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Baca berita lainnya langsung dari google news





Source link