Rampungkan Tol Indralaya-Muaraenim, Segini Dana yang Dibutuhkan Hutama Karya


JAKARTA, iNews.id – PT Hutama Karya (Persero) mencatat total anggaran yang diperlukan untuk memfinalisasi pembangunan Ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) mencapai Rp 547,16 triliun. Setidaknya, ada 24 ruas JTTS yang akan dibangun beberapa di antaranya di Sumatera Selatan (Sumsel). 

Wakil Direktur Utama Hutama Karya, Aloysius Kiik Ro menyebut, ke-24 ruas tol tersebut terbentang dari Bakauheni hingga Banda Aceh dengan panjang mencapai 2.813 kilometer (KM). Saat ini, perseroan masih mengerjakan pembangunan JTTS tahap satu sepanjang 1.064 kilometer dan diproyeksi selesai pada 2023 mendatang. Adapun nilai investasinya sebesar Rp152 triliun. “Tahap satu rencananya selesai di tahun 2023 dengan panjang 1.064 kilometer,” ujar Aloysius.

Hutama Karya atau HK sendiri sudah menerima penyertaan modal negara (PMN) 2021 sebesar Rp6,2 triliun. Adapun rinciannya, tol Sigli-Banda Aceh senilai Rp 3,092 triliun, ruas Lubuk LinggauCurup-Bengkulu sebesar Rp2,702 triliun, dan ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sebesar Rp414 miliar.

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo menyebut, pembangunan jalan tol trans sumatera menjadi salah proyek prioritas pemerintah untuk meningkatkan konektivitas di daerah Sumatera.

Editor : Berli Zulkanedi





Source link