Usai Ponselnya Dicuri, Remaja Putri di Musi Rawas ini Diperas, Ini Kronologinya


TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS – Seorang pelajar putri, Siti Fatimah (18), warga Desa Jambu Rejo Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas jadi korban pemerasan oleh Dedi Bambang Eka Jaya (34) warga Kelurahan Megang Sakti Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.

Korban diperas setelah ponselnya dicuri oleh tersangka Dedi Bambang Eka Jaya.

Peristiwa bermula ketika tersangka mengambil ponsel yang ada dalam tas milik korban tanpa diketahui oleh korban.

Setelah menyadari ponselnya hilang, korban kemudian menghubungi nomor ponselnya untuk mengetahui dimana ponsel tersebut berada.

Setelah ditelpon berulang-ulang dan ada nada dering, telpon tersebut kemudian diangkat oleh seseorang.

Setelah tersambung dengan seseorang yang memegang ponsel tersebut yang belakangan diketahui bernama Dedi Bambang Eka Jaya, terjadilah pembicaraan antara korban dan pelaku.

Saat itu, korban meminta agar ponselnya dikembalikan.

Adapun tersangka pelaku setuju untuk mengembalikan ponsel tersebut dengan syarat harus ditebus seharga Rp700 ribu.

Dengan kata lain, pelaku memeras korban sebagai syarat pengembalian ponsel tersebut.

Karena menginginkan ponselnya kembali, maka korban setuju menebus ponselnya, namun hanya disanggupi sebesar Rp615 ribu.

Selanjutnya korban dan pelaku bertemu di Dam T Desa T2 Purwakarya Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas, Rabu (8/9/2021).

Setelah dilakukan transaksi pembayaran, ada dua orang saksi, yaitu Himawan Sutanto dan Rusidi yang ada dilokasi dan mengetahui adanya aksi pemerasan yang dilakukan pelaku terhadap korban, langsung mengejar pelaku.

Hasilnya, pelaku berhasil ditangkap dan diamankan.

Dan selanjutnya dilaporkan ke Polsek Purwodadi dengan dasar laporan Lp/B-10/ IX/2021/ Sumsel/Mura/Sek Purwodadi, tgl 8 September 2021, untuk diproses sesuai hukum berlaku.

“Pelaku setelah diamankan, kemudian dibawa oleh anggota piket Polsek Purwodadi dan pelaku berikut barang bukti satu unit handphone dan uang tunai Rp515 ribu, diamankan di Polsek Purwodadi,” kata Kapolres Musi Rawas AKBP Efrannedy melalui Kapolsek Purwodadi AKP Madroji, Kamis (9/9/2021). (SP/ahmad farozi)





Source link