Khusus untuk Warga Lubuklinggau, Gratis Tes Antigen untuk Peserta Seleksi Guru PPPK di Lubuklinggau


Penulis: Eko

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU – Pemerintah Kota Lubuklinggau akan memfasilitasi tes antigen gratis bagi peserta seleksi guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K atau PPPK) 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Lubuklinggau, Cikwi, mengatakan digratiskannya tes antigen ini berdasarkan surat Kementerian Kesehatan bernomor SR.04.01/II/2309/2021.

“Dalam surat itu menjelaskan tentang pemberitahuan fasilitasi tes rapid antigen pada peserta seleksi guru PPPK,” kata cikwi, Kamis (9/9/2021).

Cikwi menjelaskan menindak lanjuti surat edaran tersebut pihaknya telah menentukan lokasi untuk tes antigen, rencananya akan dilakukan di 10 puskesmas, bahkan bisa jadi nanti akan dipusatkan di rumah sakit Siti Aisyah.

“Namun melihat situasi di lapangan, apakah akan di koordinir atau peserta datang langsung ke puskesmas atau rumah sakit,” ujarnya.

Sementara, untuk peserta CPNS sebagaimana intruksi walikota juga akan digratiskan bagi warga ber-KTP Lubuklinggau yang mendaftar di instansi Pemkot Lubuklinggau.

Menurutnya, alasan gratis tersebut karena jumlah peserta yang berasal dari Lubuklinggau cukup banyak, yakni dari 2.300 peserta SKD, 1.300 peserta berasal dari Lubuklinggau.

Makna Lambang Kota Lubuklinggau, Ada Gambar Bukit Sulap, Berikut Penjelasannya

“Tapi untuk warga luar Lubuklinggau belum tahu, menunggu kebijakan dari pimpinan (walikota), untuk sementara kita wacanakan khusus warga Lubuklinggau lebih dahulu,” ungkapnya.

Namun, wacana ini belum mutlak, mengingat perkembangan kasus Covid-9 di Lubuklinggau masih naik turun, untuk saat ini trennya sedang turun penambahannya perhari hanya satu hingga dua kasus.

“Kalau kita katakan gratis dari sekarang, nanti tau-tau naik kan perjalananya panjang, SKD ini baru mulai tanggal 27 September,” ujarnya.

Lain halnya, bila kasus Covid-19 di Lubuklinggau kembali naik, bisa jadi kebijakan penggunaan tes antigen gratis ini dibatalkan karena tes antigen sangat dibutuhkan.

“Tapi kita tidak berharap demikian,” tambahnya.





Source link