JAMKESNEWS


Peduli Covid-19, BPJS Kesehatan Lubuklinggau Salurkan Bantuan Perlengkapan Penguburan Jenazah

Lubuklinggau, Jamkesnews – Sebagai bentuk kepedulian terhadap meningkatnya jumlah pasien yang meninggal dunia akibat kasus positif Covid-19 di Kabupaten Musi Rawas, BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau menyalurkan bantuan berupa perlengkapan penguburan jenazah kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau, Harry Nurdiansyah mengatakan bahwa penyerahan bantuan tersebut merupakan bagian dari Organization Social Responsibility (OSR) yang digelar BPJS Kesehatan. Bantuan perlengkapan penguburan jenazah tersebut berupa peti jenazah dan kain kafan berikut kelengkapannya.

“Bantuan ini kami harapkan dapat membantu dalam penanganan penguburan jenazah Covid-19 di Kabupaten Musi Rawas sehingga jika ada kasus pasien meninggal dapat segera dilakukan tindakan cepat terhadap penguburannya,” ujar Harry.

Penyerahan bantuan diterima secara simbolis kepada penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Kabupaten Musi Rawas, Edi Siswanto didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Musi Rawas di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Musi Rawas, Rabu (25/08). Edi mengatakan bahwa bantuan perlengkapan penguburan jenazah tersebut selanjutnya akan diserahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Beliti.

“Kami mengapresiasi atas kepedulian BPJS Kesehatan dalam pemberian bantuan perlengkapan penguburan jenazah kepada warga kami yang meninggal akibat Covid-19 di Kabupaten Musi Rawas. Makin meningkatnya kasus meninggal akibat Covid-19 ini membuat kami kewalahan karena kurangnya ketersedian peti dan perlengkapan jenazah. Syukurlah BPJS Kesehatan dapat memberikan bantuan yang sangat kami butuhkan,” ucap Edi.

Edi juga mengungkapkan bahwa warganya yang meninggal akibat positif Covid-19 ini tidak hanya meninggal di rumah sakit namun ketika menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Berdasarkan data yang bersumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan per 24 Agustus 2021, Kabupaten Musi Rawas masih berada di zona merah dengan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 2.359 jiwa dan meninggal sebanyak 79 jiwa.

“Kami tak henti-hentinya melakukan himbauan kepada masyarakat Kabupaten Musi Rawas untuk terus menaati protokol kesehatan. Protokol kesehatan berupa 5M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas selalu kami anjurkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini,” tandas Edi. (RW/tm)



Source link