Pemkot Lubuklinggau Bakal Terapkan Ketentuan Dewan Pers untuk Jurnalis


TIMESINDONESIA, LUBUKLINGGAU – Adanya kabar bahwa rencananya pihak Pemkot Lubuklinggau, melalui Diskominfo Lubuklinggau bakal akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan pada tahun 2022 yang akan datang. Program ini  disambut baik oleh sejumlah wartawan yang telah bersertifikat atau tersertifikasi di Dewan Pers.

Wartawan senior, Iman S, ketika menuturkan jika hal tersebut benar akan terlaksana nantinya maka secara tidak langsung ketentuan, aturan dan imbauan dari pihak Dewan Pers selama ini tentunya akan diterapkan oleh pihak Pemkot Lubuklinggau.

“Seperti ketika wartawan hendak mengajukan wawancara tidak hanya menunjukkan kartu pers saja, melainkan juga harus menunjukkan kartu tanda lulus Uji Kompetensi Wartawan, selain itu ketika hendak mengajukan pemasangan Adv, Iklan, dan sejenisnya, maka juga melampirkan data media nya terverifikasi dan Pemred dari Perusahaan Pers nya harus memiliki Kartu Wartawan Utama dari pihak Dewan Pers,” paparnya pada TIMES Indonesia, Senin, (21/08/2021).

Hal senada dikatakan oleh wartawan lainnya yang telah terverifikasi di Dewan Pers.  Menurutnya aturan, imbauan itu sebenarnya sudah sejak lama, bahkan sejumlah daerah telah menerapkannya, ada juga secara perlahan dalam pelaksanaannya. Dan dirinya pun sudah menyiapkan diri jauh-jauh hari jika sewaktu-waktu berlaku pula di sejumlah daerah tempat ia bertugas sebagai jurnalis.

“Ya, sewaktu itu saya menyadari lambat laun pastinya ketentuan dan aturan, imbauan Dewan Pers akan berlaku pula di sejumlah daerah tempat saya bekerja melaksanakan tugas profesi Jurnalis. Dan mau tidak mau sayapun harus mentaati aturan Dewan Pers, maka sudah sejak lama saya telah ikut test dan mempersiapkan diri. Karena profesi inilah pekerjaan yang saya geluti,” beber Ali.

Sebelumnya dalam upaya mendukung profesi jurnalistik mengacu pada ketentuan, aturan, himbauan Dewan Pers, pada tahun 2022 yang akan datang Pemkot Lubuklinggau melalui Diskominfo Kota Lubuklinggau rencananya akan memberikan fasilitas terhadap para pekerja kulitinta yakni dengan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) .

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menganggarkan dana agar terlaksana kegiatan Agenda Uji Kompetensi Wartawan.

“Yang terbaik selalu kita upayakan dan berikan untuk mendukung penuh profesi jurnalis, tentunya mengacu pada aturan ataupun iimbauan Dewan Pers, doakan saja ya, semoga nantinya bisa terlaksana,” kata Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe beberapa waktu yang lalu. (*)





Source link