TOL Lubuklinggau-Curup-Bengkulu Beroperasi Tahun Ini


SRIPOKU.COM, PALEMBANG–Jika di wilayah metropolitan Jabodetabek terdapat lima jalan tol yang ditargetkan beroperasi, di Pulau Sumatera juga ada empat ruas baru yang akan dibuka untuk publik. Keempat ruas yang beroperasi ini merupakan bagian dari pembangunan jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol ini terhubung dengan kawasan-kawasan produktif sehingga dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk nasional.

Menurut Basuki, pengoperasian tol ini merupakan bukti Pemerintah bersama pelaku industri jasa konstruksi terus bekerja meski dalam kondisi Pandemi Covid-19. Basuki yakin, kehadiran infrastruktur adalah salah satu pilar Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh. Dia berharap, sektor konstruksi dapat terus menjadi salah satu solusi dan tumpuan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang positif, sekaligus memulihkan perekonomian nasional.

“Pembangunan infrastruktur akan terus dilanjutkan sesuai visi dan misi Presiden Jokowi untuk mewujudkan Indonesia Maju,” kata Basuki.

Tidak hanya untuk mendorong perkembangan ekonomi di kawasan perkotaan dan kawasan maju lainnya, tetapi juga infrastruktur di kawasan sedang berkembang dan perbatasan sehingga bisa mengurangi disparitas sosial, ekonomi dan wilayah.

Berikut ini daftar empat jalan tol tersebut: Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi Kuala Tanjung-Pematang Siantar sepanjang 96,5 kilometer. Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2,5, dan 6 sepanjang 18,8 kilometer. Tol Padang-Pekanbaru Seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer. Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,6 kilometer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Catat, Empat Ruas Tol Trans-Sumatera Dijadwalkan Beroperasi Tahun Ini “
Penulis : Suhaiela Bahfein
Editor : Hilda B Alexander





Source link