Banjir Bandang Hantam Lubuk Linggau, Satu Rumah Warga Hanyut, Puluhan Rusak


PALEMBANG, KOMPAS.com – Satu rumah milik warga bernama Iksan (46) di Kelurahan Moneng Sepati, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan, kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan hanyut terbawa banjir bandang yang melanda lokasi tersebut, Rabu (20/4/2020).

Informasi yang dihimpun, banjir bandang di kota Lubuk Linggau, menghantam lima kelurahan. 

Adapun lokasi bandang tersebut yakni di Kelurahan Moneng Sepati Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kelurahan Ulak Surung Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kelurahan Lubuklinggau Ulu Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Kelurahan Lubuk Tanjung Kecamatan Lubuklinggau Barat I dan Kelurahan Taba Pingin Kecamatan Lubuklinggau Selatan II.

Baca juga: Ini Video Detik-detik Banjir Bandang Terjang Aceh Tengah…

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan, dari hasil cek di lapangan, sebanyak satu unit rumah hanyut, lima unit rusak berat dan 43 unit rusak ringan.

Menurut Ansori, banjir tersebut merupakan kiriman dari kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

“Awalnya terjadi hujan deras dari pukul 07.49 WIB sampai 9.30WIB dan membuat debit air Sungai Kelingi Glumay menjadi tinggi sekitar. Sehingga terjadi banjir kiriman yang melanda empat kelurahan di Lubuk Linggau,”kata Ansori dalam pesan singkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jalan Lintas Provinsi di Cianjur Lumpuh Total Tertimbun Longsor

Ansori menjelaskan, mereka saat ini telah mengevakuasi warga yang terdampak. Sebagian warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat akan ditempatkan di tenda darurat.

“Ada juga sementara waktu tinggal di rumah kerabat terdekatnya. Alat berat sudah dilokasi untuk membersihkan material banjir, kondisinya saat ini sudah mulai surut,”ujarnya.



Source link